Pembangunan Jembatan Dasan Agung Belum Rampung

NTB Today – Pembangunan jembatan yang menghubungkan Dasan Agung dan Dasan Sari, Kota Mataram belum juga rampung. Pihak kontraktor telah mengajukan penambahan waktu pengerjaan.

“Untuk jembatan Dasan Agung, sudah diminta penambahan waktu pengerjaan sampai 21 November,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Mataram Kota Mataram M Yamin, pekan lalu.

Pembangunan jembatan ini mestinya rampung akhir Oktober. Namun karena terjadi bencana gempa bumi pada Agustus lalu, pengerjaannya sempat tertunda.

“Penambahan waktu pengerjaan ini bukan karena masalah teknis, namun murni akibat tertundanya pekerjaan akibat gempa lalu,’’ imbuh Yamin.

Diungkapkan, proses pengerjaan jembatan saat ini sudah mencapai 90 persen. Saat ini pengerjaannya tinggal menunggu pemasangan kawat seling.

“Setelah pemasangan balok, baru kawat  selingnya kita kencangkan,” kaya Yamin.

Tidak hanya membangun jembatan. Pihaknya juga merapikan dan melebarkan akses jalan menuju jembatan di sekitar perumahan di Dasan Agung. Pelebaran jalan sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Sebelum jembatan dirampungkan secara keseluruhan, PUPR berencana menggelar uji coba kelayakan jembatan. Yakni dengan dilintasi mobil pribadi. Sedangkan mobil pengangkut barang seperti truk, mobil box ataupun kontainer tidak diizinkan melewati jembatan ini. “Mobil besar tidak akan bisa melintas di jembatan. Pasti nyangkut di besi jembatan,’’ terangnya.

Jembatan ini akan menghubungkan warga Dasan Agung dan Dasan Sari yang dibatasi Sungai Jangkuk. Meski sudah ada dua jembatan yang bisa dilalui, yakni jembatan Udayana dan jembatan Gapuk Dasan Agung, namun aksesnya dianggap terlalu jauh. Di satu sisi pemukiman saat ini cukup padat. Sehingga dibutuhkan akses jembatan untuk memperlancar aktivitas warga.

Kepala Dinas PUPR Kota Mataram Mahmudin Tura mengungkapkan, proses pengerjaan jembatan yang menghubungkan Dasan Agung dengan Dasan Sari sebentar lagi rampung. Kini, tinggal proses finishing saja.

Baca Juga  Meski Kondusif, Tetaplah Waspada Jelang Tahun Baru

“Tinggal pemasangan kawat seling saja,” sebut Tura.(jay/r3)

Sumber : http://lombokpost.net/2018/10/29/pembangunan-jembatan-dasan-agung-belum-rampung/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori