Ketua PKK Lombok Timur Ajak Masyarakat Cegah Stunting

Penanganan, penanggulangan, dan pencegahan stunting menjadi salah satu perhatian serius dari organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lombok Timur yang dinakhodai Hj. Hartati Sukiman Azmy.

“Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Timur saat ini menggalakkan penanganan, penanggulangan, dan berperan aktif dalam pencegahan stunting. Ini adalah bentuk komitmen bersama dalam mencegah stunting melalui Gerakan Masyarakat Penurunan Stunting (GERMAS RUNTING) di Jerowaru,” ungkap Ketua PKK Lombok Timur, Hj. Hartati Sukiman Azmi di Batu Nampar Jerowaru, Selasa (24/9/2019).

Ditegaskan, langkah konkrit upaya pencegahan stunting, pihaknya akan bekerjasama dengan dinas terkait. Hal ini dilakukan untuk menekan angka stunting di seluruh desa. “Kita akan ajak semua dinas terkait dan bersinergi dengan pemerintah dalam mencegah stunting,” sebutnya.

Disisi lain, Hartati juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli dan terlibat aktif dalam melaksanaan pembinaan, pencegahan, dan penanganan terhadap stunting, sehingga pekaksanaan GERMAS RUNTING bisa direalisasikan secara cepat tepat sasaran.

“Mulailah pembinaan dari unit terkecil yaitu keluarga. Dari keluarga kecil yang telah mendapatkan pembinaan, maka terciptalah keluarga sadar gizi dan stunting sehingga akhirnya menjadi masyarakat yang sadar,” imbaunya.

Selain itu, Hj Hartati meminta masyarakat fokus pada balita gizi buruk dan gizi kurang untuk melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan gerakan mulai dari remaja putri untuk diberikan pembelajaran kesehatan produksi remaja (KESPRO).

“Remaja putri harus mempersiapkan diri sebelum ke jenjang pernikahan. Dengan demikian tindakan pencegahan dtunting bisa diterapkan, langkah selanjutnya penanganan balita dari stunting untuk mencerdaskan otak anak, kita keroyok secara konvergensi, bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat yang ada,” harapnya.

Baca Juga  22 Agustus, Pendakian Gunung Rinjani Resmi Dibuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori