Dekranasda NTB Akan Gelar Lomba Kriya dan Rancang Busana Tenun Khas NTB

ntbtoday.net – Guna untuk mendongkrak potensi kerajinan daerah, Dewan Kerajianan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB akan melaksanakan lomba kriya terbaik dan rancang busana berbahan tenun NTB pada tanggal 14 Desember 2019 memdatang.

Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati, mengatakan bahwa Dekranasda Award kali ini dimaksudkan untuk memacu perkembangan desain kriya NTB sedangkan untuk Lomba Desain Busana Berbahan Tenun NTB dimaksudkan memacu designer NTB dalam membuat karya berbahan tenun NTB serta dalam mengangkat tenun NTB agar lebih dikenal secara luas baik generasi muda, masyarakat umum baik nasional maupun internasional.

“Dekranasda Award ini difokuskan pada pengembangan hasil jadi produk kriya maupun busana motif tenun NTB. Kami harapkan lahir karya yang original, baru dan kreatif dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di NTB,” Ucapnya didampingi oleh Ketua Harian Dekranasda NTB, Jum’at (18/10/2019) siang.

Perlu diketahui bahwa untuk lomba desain busana tenun Khas NTB, kategori yang dilombakan adalah busana kerja pria dan wanita, busana casual remaja wanita dan pria, busana malam wanita muslim dan kategori busana malam pria.

Dimana nanti akan dicari 3 orang pemenang yang mampu menghasilkan karya busana tenun terbaik dengan tema Bahari.

Tidak tanggung tanggung untuk penilaian sendiri akan menghadirkan juri untuk lomba busana tenun ini menghadirkan dua orang juri designer nasional dan seorang juri akademisi desainer NTB.

“Hal tersebut dimaksudkan agar para produk yang menjadi pemenang nantinya bisa merepresentasikan NTB, tidak keluar dari pakem yang ada dan laku di pasaran”, terangnya.

Sedangkan untuk lomba kriya terbaik akan dikelompokkan melalui kategori produk kerajinan yakni, kelompok keramik, kelompok serat alam, kelompok batu-batuan, kelompok kayu-kayuan, kelompok tekstil, kelompok logam dan kelompok material asli yang lain.

Baca Juga  PISAH SAMBUT KAJARI SUMBAWA, KEJAKSAAN RI GELAR KONSER AMAL PEDULI

Penilaian lomba kriya terbaik harus memenuhi unsur excellence, authenticity, inovatif, marketability, eco-friendly dan fair social responsibility. Lomba ini terbuka untuk umum, mahasiswa dan pelajar di NTB. Hasil terbaik Dekranasda NTB award untuk kriya tahun 2019 akan diikuti pada Dekranas Award tahun 2020 di Jakarta.

“Kami harapkan dengan adanya acara ini posisi para pengrajin dan designer di NTB bisa terangkat dan bisa go internasional”,terangnya.

Pendaftaran lomba ini masih dibuka hingga 6 Desember, sedangkan penentuan pemenang akan diumumkan di Hotel Lombok Raya pada 14 Desember mendatang.

Karena itu bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke Bale Kriya NTB, JI. Langko No.63 Mataram atau dapat menghubungi: Lomba Desain Busana Tenun NTB Linda Hamidy (08123755576), Maya Sukmantara
(08176479687) Dekranasda NTB Award untuk Kriya : Efdalius Ruswandi (0816586453), Riana Meilia (0811391710). (mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori