Antisipasi Corona, Pemda NTB Tidak Tinggal Diam

ntbtoday.net [ Mataram ] – Serangan Virus Corona di Indonesia kian meluas. Pasien terdeteksi semakin bertambah. Sejumlah daerah mengambil kebijakan sendiri-sendiri. Ada yang Meliburkan sekolah, bahkan ada yang menutup diri dengan menerapkan kebijakan lock down.

Masyarakat di NTB juga mengalami kekhawatiran. Sejumlah Nettizen media sosial mempertanyakan apa langkah yang diambil oleh Gubernur NTB. Ada yang minta Pemda NTB juga memberlakukan lock down.
Terkait hal ini, Gubernur NTB menegaskan dalam rangka pencegahan masuknya virus Corona ke NTB, Pemda NTB tidak tinggal diam. Pemda terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat dan Pemda-Pemda lainnya.

“Situasi masih terkendali. Tapi kita harus tetap tenang dan waspada. Insya Allah akan segera kami sikapi tentang berbagai hal seperti kegiatan  belajar dan mengajar, Lockdown di beberapa tempat dll,” tulis Gubernur di media sosialnya.

Gubernur juga meminta masyarakat NTB menjauhi kerumunan. Selain itu tetap menjaga kebugaran dengan berolah raga. “Makan makanan yang sehat dan bergizi, dan banyak berdoa untuk keselamatan dan kedamaian daerah dan kita semua,” lanjutnya.

Di sisi lain, Gubernur mengimbau agar membatasi penggunaan HP. “Ini kelihatan sederhana, tapi ini penting agar kita tak mudah panik dan cemas akibat banyak berita dan pendapat yang belum jelas asal dan validitasnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan NTB meminta tambahan 2.000 pakaian pelindung untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB Nurhandini Eka Putri mengatakan, permintaan itu telah dilayangkan ke Kementerian Kesehatan.

“Kita sudah mengajukan nanti akan diadakan oleh Kementerian Kesehatan dan akan dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi. Nanti dinas kesehatan provinsi yang akan mendistribusikan,” kata Eka, di Mataram, Minggu (15/3/2020).

Baca Juga  555 Karyawan PT MacMahon KSB di PKWTT

Selain 2.000 pakaian pelindung, Dinkes NTB meminta 200 pasang sepatu untuk dibagikan kepada beberapa rumah sakit rujukan untuk menangani virus corona.

Pemprov NTB menetapkan empat rumah sakit rujukan untuk menangani virus corona, di antaranya, RSUD NTB, RS HL Manambai Abdulkadir, RS Sujono, dan RSUD Bima. [nm]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori