Gugus Tugas COVID-19 NTB menerima kiriman 15 ribu APD dan masker

ntbtoday.net [Mataram] – Tim Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Barat menerima 10.000 unit alat pelindung diri (APD) dan 5.000 lembar masker bedah dari Gugus Tugas Pemerintah Pusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Lalu Gita Ariadi mengatakan APD dan masker bedah itu diangkut menggunakan pesawat TNI AU Hercules A-1316 dan telah tiba pada Sabtu (11/4).

“Serah terima dilakukan di Bandara Zainuddin Abdul Madjid oleh Komandan Pangkalan Udara Zainuddin Abdul Madjid Kolonel Penerbang Andry Gandhy kepada Kalak BPBD NTB dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB,” ujarnya di Mataram, Minggu.

Menurut Sekda, APD dan masker akan diprioritaskan bagi tenaga medis di puskesmas se-NTB untuk mempercepat penjangkauan terhadap orang dalam risiko (ODR) dan orang dalam pemantauan (ODP) di tingkat desa.

“Ini sekaligus untuk mengantisipasi kepulangan sedikitnya 2.000 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal NTB dalam kurun waktu 1-2 bulan ke depan. Selain yang pulang sejak awal Maret 2020 sekitar 7.000 orang,” jelas Gita.

Selain melengkapi APD dan masker, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, kata dia, juga terus memperketat pengawasan di pintu masuk Bandara Internasional Zainuddun Abdul Madjid dan pelabuhan.

“Kami bekerja sama dengan TNI-Polri, KKP dan pemerintah kabupaten/kota yang menempatkan petugas khusus dari Satuan Pol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan serta anggota Kodim dan Polres,” katanya.

Jumlah pasien positif COVID-19 di NTB terus bertambah. Tercatat, hingga Sabtu (11/4) jumlahnya sudah mencapai 33 orang. Sedangkan 3 orang sudah dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 28 masih dirawat serta dalam keadaan baik.

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di NTB mencapai 128 orang dengan perincian 52 PDP masih dalam pengawasan, 76 PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 9 orang PDP meninggal.

Baca Juga  HMI NTB Dukung Terciptanya Pemilu Damai 2019

Untuk orang dalam pemantauan (ODP) jumlahnya 3.658 orang, terdiri dari 1.570 orang masih dalam pemantauan dan 2.088 orang selesai pemantauan. Jumlah orang tanpa gejala (OTG), yaitu orang yang kontak dengan pasien positif COVID-19, namun tanpa gejala 9.259 orang, terdiri dari 6.923 orang masih dalam pemantauan dan 2.336 orang selesai pemantauan.

Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG), yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit COVID-19 mencapai 19.263 orang, yang masih menjalani karantina 11.752 orang dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari 7.511 orang. [ant]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori