Waspada Banjir Susulan, Warga di Wilayah Rawan Diminta Mengungsi

ntbtoday.net [Lombok Tengah] – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) meminta masyarakat yang tinggal di wilayah rentan bencana untuk mewaspadai banjir susulan.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan di wilayah NTB termasuk Lombok Tengah.

PLT Kepala BPBD Kabupaten Lombok Tengah, Murdi, Sabtu (30/5/2020) meminta masyarakat, khususnya perempuan dan anak-anak untuk tinggal sementara di tempat yang lebih aman.
“Kita harapkan mereka menginap dulu di rumah keluarganya biar tetap aman. Kita tidak bisa buat tenda darurat karena sekarang musim pandemi Covid-19 dan tidak bisa dipastikan jaga jarak”,katanya.

Dia menerangkan, banjir yang melanda beberapa desa pada Jum’at (29/5/2020) kemarin saat ini sudah sudah surut. Warga juga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan sisa banjir serta menyelematkan barang-barang berharga.

“Yang pulang ke rumah laki-laki saja. Tadi malam kita pantau lagi karena hujan memang ada kenaikan air tapi tidak separah kemarin”,katanya.

Pihaknya juga sudah menempatkan tim reaksi cepat di titik-titik rawan kalau terjadi banjir susulan. Kemudian berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk mensiagakan personilnya.

“Ini langkah antisipasi selamatkan warga apabila terjadi susulan”,ujarnya.

Koordinasi dengan Dinas Sosial juga sudah dilakukan agar warga yang terdampak banjir yang berada di kecamatan Praya Timur mendapatkan bantuan.

“Sekarang mereka sudah dapat bantuan selimut, makanan cepat saji dan obat-obatan”,terangnya. [insdlbk]

Baca Juga  Dinas Kearsipan Mataram menerapkan program wisata arsip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori