Atasi Dampak Resesi Ekonomi, Gubernur NTB Dorong Penggunaan Produk UMKM

ntbtoday.net [ Mataram] – Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mendorong masyarakat untuk membeli dan mencintai produk hasil UMKM dalam negeri sebagai upaya mengatasi dampak resesi ekonomi.

“Berikan kesempatan UMKM lokal untuk terus memproduksi dengan cara kurangi penggunaan produk dari luar,” ujarnya di Mataram, Minggu.

Menurut dia, dalam ekonomi makro resesi atau kemerosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun.

“Dunia sudah berbeda, jangan berpikiran bahwa seakan pemerintah masih berperan besar dalam perekonomian.  Padahal, pemerintah tidak mengganggu saja sudah cukup bagi masyarakat. Apalagi pemerintah suportif memberikan iklim yang baik. Artinya, tidak ugal-ugalan ikut campur dengan kata lain investasi dibantu bukan dipalak,” ucap Zulkieflimansyah.

Gubernur menegaskan meski terjadi resesi ekonomi,  namun UMKM di NTB sangat siap bersaing dengan produk luar. Terlebih produk UMKM sudah dilengkapi sertifikat BPOM sehingga bisa dipakai secara luas.

“Intinya memberikan kesempatan kepada UMKM lokal untuk terus berkembang dan berdayakan produknya,” katanya.

Menurut gubernur, keberadaan UMKM lokal sangat luar biasa membantu pemerintah dalam menyediakan kebutuhan sembako masyarakat terdampak COVID-19. [ant]

Baca Juga  PLN dan BTN dorong pengembang perumahan lirik kompor induksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori