BPBD Mataram Minta Warga Waspada Hujan Lebat Lima Hari ke Depan

ntbtoday.net [Mataram] – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat mengingatkan warga agar waspada terhadap potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir selama lima hari ke depan.

“Informasi dari BMKG menyebutkan selama lima hari ke depan di Mataram berpotensi terjadi hujan lebat, disertai angin kencang dan petir. Karena itu, masyarakat harus waspada terhadap dampak yang akan ditumbulkan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram Mahfuddin Noor di Mataram, Senin.

Pernyataan itu dikemukakannya karena Senin pagi sekitar pukul 04.00 Wita, Kota Mataram dan sekitarnya kembali diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Akibat cuaca ekstrem tadi pagi, katanya, terjadi pohon tumbang pada dua titik yakni di Jalan Harimau dan Mataram Timur. Dua pohon tumbang tersebut sudah ditangani langsung oleh tim dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim).

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa maupun kerugian lainnya karena pohon yang tumbang ke jalan, saat masih sepi,” katanya.

Selain terjadi pohon tumbang, tambahnya, hujan deras disertai angin kencang dan petir pagi tadi juga berdampak terjadinya genangan di Jalan Panji Anom, Kelurahan Pagutan. Genangan terjadi akibat luapan air saluran yang tidak dapat menampung debit air.

“Tinggi genangan sekitar 5-10 sentimeter atau semata kaki orang dewasa. Namun, genangan itu tidak mengganggu arus lalu lintas karena masih memungkinkan kendaraan melintas meski secara perlahan,” katanya.

Lebih jauh, Mahfuddin mengatakan, kembali potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir selaam lima hari ke depan terjadi merata di semua wilayah.

“Kondisi ini, ada kaitannya juga dengan akan tibanya Tahun Baru Imlek pada 12 Februari 2021,” katanya. [ant]

Baca Juga  BTNGR menambah kuota wisatawan ke Gunung Rinjani Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori