Relokasi Mulus, Ruang Terbuka di Eks Pertokoan Lama Pancor Segera Terwujud

ntbtoday.net [Lombok Timur] – Rencana pembangunan ruang terbuka publik di Pancor masih dalam persiapan lahan. Proses pengosongan toko di pusat pertokoan lama Pancor, Kelurahan Pancor, Kecamatan Selong yang menjadi lokasi pembangunan berjalan sesuai harapan. Puluhan unit bangunan tinggal menyisakan tembok dan siap diratakan.

“Memang sesuai kesepakatan, pengosongan harus dilakukan dua hari setelah lebaran Idul Fitri,” kata Kasatpol PP Lotim H Sudirman pada Lombok Post, Sabtu (15/5).

Jumlah bangunan yang akan digusur menjadi ruang terbuka publik sendiri sebanyak 50 unit. Kata Sudirman, memang masih ada beberapa pedagang yang belum sepenuhnya memindahkan barang-barangnya. Namun hal tersebut akan dilakukan bertahap sesuai kesiapan. “Tanpa harus memaksa atau menimbulkan kericuhan,” ujarnya.

Tak hanya barang-barang dagangan dan etalase yang diperbolehkan untuk diambil, tapi juga beberapa bahan yang sekiranya masih bisa digunakan atau dijual. Seperti rolling door, atap, dan beberapa bahan dari besi atau almunium lainnya.

“Memang kita sarankan untuk memanfaatkan apa yang para pedagang masih bisa gunakan,” jelas Sudirman.

Penggusuran sendiri akan dilakukan pada Minggu (16/5). Untuk itu, pemerintah sudah menyediakan alat berat. Kata Sudirman, prosesnya akan dilakukan secara bertahap.

Mantan Kabag Umum Setda Lotim itu juga menerangkan, bangunan tersebut sudah digunakan selama 30 tahun sesuai Hak Guna Bangunan (HGB) para pedagang.  Adapun mengenai tujuan pindah, sampai saat ini masih diserahkan kepada para pedagang.

Pemerintah sendiri telah menyiapkan beberapa alternatif lokasi yang bisa menjadi tujuan pindahnya. “Tinggal pilihan pedagangnya. Yang jelas pemerintah telah menyediakannya,” terangnya.

Program penataan pertokoan pancor di Kelurahan Pancor, Kecamatan Selong merupakan program Kotaku dari Kementerian PUPR. Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lotim Hj Baiq Miftahul Wasli menerangkan, tahun ini, program Kotaku dipusatkan di Kecamatan Selong.

Baca Juga  Kelurahan Penatoi Sosialisasi Demam Berdarah dan PHBS

Program penataan pertokoan Pancor menjadi ruang terbuka publik tersebut mendapat anggaran Rp 14 miliar. Ia menuturkan, proyek tersebut semestinya terlaksana pada 2019 lalu. Namun karena pandemi Covid-19, program tersebut baru bisa dieksekusi tahun ini. “Target kita program ini selesai Oktober mendatang,” ujar Miftah. [lbkpst]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori