5 Manfaat Vaksinasi Covid-19 yang Wajib Diketahui

Vaksinasi Covid-19 sudah hadir di Indonesia dan prosesnya masih berlangsung hingga sekarang. Periode vaksinasi pertama di Jakarta berlangsung sejak 15 Januari 2021 dan kini kita sudah berada di tahap kedua vaksinasi Covid-19. Tentu ini kabar baik di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Apakah kamu sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19? Atau kamu masih menunggu antrean? Atau mungkin walaupun giliranmu tiba, kamu masih ragu untuk divaksinasi? Kamu tidak perlu khawatir vaksinasi Covid-19, karena selain aman, vaksin Covid-19 juga memberikan banyak manfaat untukmu. Berikut ini lima manfaat vaksinasi Covid-19 yang perlu kamu tahu:

Vaksin Dapat Mencegah Covid-19 Menginfeksi Tubuhmu

Kita sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan vaksinasi, bukan? Sejak kecil kita telah melakukan vaksinasi dan imunisasi untuk berbagai penyakit. Saat ini tersedia vaksin untuk melindungi dari setidaknya 20 penyakit, seperti difteri, tetanus, pertusis, influenza, dan campak. Menurut WHO, kehadiran vaksin-vaksin yang ada selama ini diestimasikan telah mencegah 2 hingga 3 juta kematian setiap tahun. Sehubungan dengan Covid-19, vaksinasi Covid-19 dapat melindungimu, dengan menciptakan antibodi atau sistem kekebalan dalam tubuh, untuk memerangi virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Dengan antibodi tersebut, tubuhmu akan terlatih untuk mencegah dan melawan infeksi Covid-19. Vaksinasi memang bukanlah obat yang menyembuhkan Covid-19 secara total. Namun, menurut para ahli, kalaupun kamu terkena Covid-19 setelah vaksinasi, vaksin akan mencegah tubuhmu dari infeksi dan gejala penyakit Covid-19 yang jauh lebih fatal, karena tubuhmu kini punya sistem pertahanan tubuh yang lebih kuat.

Vaksin Dapat Membantumu Melindungi Sekitarmu

Ketika kamu divaksinasi, kamu tidak hanya melindungi dirimu sendiri, namun juga keluarga dan orang-orang di sekitarmu. Hal ini karena tidak semua orang dapat menerima vaksin Covid-19. Saat ini, vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit berat, berusia di atas 18 tahun, dan persyaratan lainnya. Mereka yang tidak bisa divaksinasi mengandalkan kamu yang dapat divaksinasi untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin kecil kemungkinan orang yang terinfeksi menularkan penyakit ini ke orang lain.

Baca Juga  Pelayaran Perdana Long Distance Fery Badas-Surabaya Diresmikan Gubernur

Vaksin Dapat Melindungi dan Membantu Tenaga Kesehatan

Tahukah kamu bahwa pandemi Covid-19 telah membuat banyak rumah sakit kewalahan karena fasilitas dan sumber daya yang terbatas? Tidak heran ketika banyak rumah sakit telah mencapai kapasitasnya untuk menerima pasien-pasien Covid-19 dan non-Covid-19. Tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 pun harus rela bertahan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar terhindar dari Covid-19. Dengan kehadiran vaksin dan semakin banyak orang yang divaksinasi, maka orang yang terinfeksi dan penyebarannya tentu akan berkurang. Hal ini mengurangi beban tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan, lho. Tenaga kesehatan dapat mendedikasikan upaya, dana, dan peralatan mereka untuk membantu pasien dengan gejala yang lebih berat, penyakit yang tidak dapat dicegah lainnya, serta mencegah penumpukan pasien-pasien di rumah sakit.

Dengan Vaksin, Pandemi Dapat Segera Berakhir

Kamu pasti ingin pandemi segera berakhir? Inilah waktunya. Jika kamu divaksinasi dan semakin banyak orang yang divaksinasi Covid-19, maka semakin besar juga pertahanan diri begitu banyak orang. Hal ini akan mendorong pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok, berupa kondisi di mana penduduk di suatu daerah sudah kebal terhadap suatu penyakit. Herd immunity ini akan memutus mata rantai pandemi Covid-19, seiring dengan semakin banyak orang yang divaksinasi. Untuk menghentikan pandemi, seluruh sumber daya tentu harus dikerahkan dengan sebaik-baiknya. Menerima vaksinasi dan tetap menjaga diri dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) akan mengoptimalkan kemungkinan pandemi ini segera berakhir.

Vaksin Dapat Melindungi Generasi Masa Depan

Dengan penurunan tingkat infeksi Covid-19 dan mata rantai pandemi Covid-19 yang terputus, kamu dapat melindungi generasi masa depan dari penderitaan panjang akibat terinfeksi penyakit ini. Hal itu sudah terbukti berdasarkan catatan-catatan sejarah. Sebagai contohnya, Indonesia secara resmi dinyatakan bebas polio pada tahun 2014 oleh WHO karena berhasilnya vaksinasi polio tiga tahap di Indonesia. Pada masa lampau begitu banyak penyakit yang disebabkan virus-virus mematikan. Berkat vaksin, kita merupakan generasi yang hidup dari perjuangan vaksinasi generasi masa lampau. Maka, inilah saatnya bagi kita untuk menyelamatkan generasi masa depan dari penyakit Covid-19 yang berbahaya dan membuat generasi selanjutnya lebih sehat lagi. Kamukah salah satu penyelamat itu?

Baca Juga  Mengapa harus tetap disiplin prokes meski sudah divaksin Covid-19? Ini penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori