Vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan (prokes) bisa mencegah muncul varian baru virus corona. Varian baru ini biasanya muncul lantaran bermutasi seusai menginfeksi banyak orang yang berbeda.

Khawatir Varian Baru Virus Covid-19? Kuncinya di Vaksin dan Prokes!

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini memasukkan varian baru Mu yang terdeteksi kali pertama di Kolombia pada Januari 2021 ke dalam Variant of Interest (VoI). Selain itu masih ada sejumlah varian lain seperti Lambda dan C.1.2. Akan tetapi vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan (prokes) bisa mencegah muncul varian baru virus corona. Varian baru ini biasanya muncul lantaran bermutasi seusai menginfeksi banyak orang yang berbeda. Maka, perlu meningkatkan upaya pencegahan guna menghentikan peluang virus bermutasi.

Mutasi merupakan sifat alamiah virus. Mutasi dan replikasi akan terus terjadi ketika penularan dari manusia ke manusia masih berlanjut. Maka kunci pencegahan mutasi adalah dengan mencegah terjadi penularan yakni dengan disiplin menerapkan prokes. “Sepanjang menerapkan 3M, menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker dan vaksinasi ini memberikan proteksi. Tapi kalau longgar, angka melandai, tidak menutup kemungkinan terjadi lonjakan seperti di negara tetangga, Eropa, dan AS,” tegas Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Alexander Kaliaga Ginting, dalam dialog virtual yang digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Selasa (14/9/2021).

Baca Juga  Himbauan Kepala BPBD NTB Menghadapi Virus Corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori