DUKUNG HERD IMMUNITY, BINDA NTB KEMBALI GELAR VAKSINASI DI WILAYAH DOMPU

Badan Intelijen Negara Daerah NTB (BINDA NTB) kembali menggelar vaksinasi massal di wilayah Kabupaten Dompu pada Senin, 7/2/2022. Kegiatan vaksinasi diadakan dibeberapa sekolah dasar guna mempercepat pencapaian herd immunity pada anak-anak usia 6-11 tahun. BINDA NTB bekerja sama dengan Dinas Kesehatan di dua kabupaten tersebut dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat. Kegiatan vaksinasi kali ini dilaksanakan di beberapa titik di wilayah kerja puskesmas Kempo, Kecamatan Dompu dan wilayah kerja puskesmas Dompu Kecamatan Woja dengan Capaian peserta vaksin di wilayah puskesmas Kempo sebanyak 60 orang sedangkan untuk wilayah Puskesmas Dompu Kecamatan Woja sebanyak 196 orang. Adapun total rincian wilayah kerja puskemas Kempo dan puskesmas Dompu yang menjadi target vaksinasi yakni:

1. Wilayah Kerja Puskesmas Kempo, Kec. Dompu, Kab. Dompu:

a. Pelayanan Publik
– Vaksin I : 12 Orang
– Vaksin II : 12 Orang
– Vaksin III : 0 Orang

b. Vaksin anak 6-11 tahun
– Vaksin I : 36 Orang
– Vaksin II : 0 Orang
– Vaksin III : 0 Orang

Total Capaian Vaksin : 60 Orang

2. Wilayah Kerja Puskesmas Dompu, Kec. Woja:
a. Vaksinasi Lansia
– Vaksin I : 0 Orang
– Vaksin II : 1 Orang
– Vaksin III : 0 Orang

b. Vaksinasi Pralansia (50-59 thn)
– Vaksin I : 4Orang
– Vaksin II : 7 Orang
– Vaksin III : 0 Orang

c. Vaksinasi usia 18-49 thn
– Vaksin I : 8 Orang
– Vaksin II : 92 Orang
– Vaksin III : 1 Orang

d. Vaksinasi Remaja
– Vaksin I : 30 Orang
– Vaksin II : 26 Orang
– Vaksin III : 0 Orang

e. Vaksinasi anak (Usia 6-11 thn)
– Vaksin I : 27 Orang
– Vaksin II : 0 Orang
– Vaksin III : 0 Orang

Total Capaian Vaksin : 196 Orang

Baca Juga  Mobil BPBD Lotim Kecelakaan Saat ke Lokasi Bencana, Satu Orang Meninggal Dunia

Kabinda NTB, Wara Winahya menyebut kegiatan ini selaras dengan program percepatan vaksinasi pemerintah. Terlebih saat ini virus corona varian Omicron sudah masuk ke Indonesia. “Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, BIN melaksanakan vaksinasi dengan cara jemput bola atau door to door. Dan pada tahun ini BIN mendapat target khusus penyaluran vaksinasi sebanyak 25 juta dosis untuk capai herd immunity,” ujar Wara Winahya, Rabu (2/2/2022).

Khusus untuk Binda NTB, sejak bulan Januari dan Februari kali ini sebanyak 80.000 dosis akan diberikan kepada anak usia 6-11, lansia, dan masyarakat umum. Vaksin yang akan diberikan pun tidak terbatas dosis 1 saja, tetapi juga dosis 2 maupun booster.

Menurutnya, dengan masuknya varian-varian baru Covid-19 membuat anak-anak semakin rentan terpapar COVID-19. Oleh karenanya perlu dilakukan vaksinasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka, terlebih saat ini aktivitas sekolah dengan tatap muka sudah mulai digelar.

“Direncanakan pada pekan selanjutnya, kami akan kembali menggelar vaksinasi massal di Lombok Tengah untuk mendukung persiapan Pra Musim Moto GP 2022 di Mandalika,” kata Wara.

Wara juga mengingatkan masyarakat yang telah divaksin selalu menerapkan prokes 5M. Dia juga berharap, para orang tua bisa berperan maksimal dalam mengingatkan dan mengajarkan prokes bagi anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori