Memenuhi Kebutuhan Vaksin Masyarakat, Binda NTB Gelar Vaksinasi di Dompu

Puasa Ramadan tak menyurutkan semangat jajaran Badan Intelijen Negara Daerah Nusa Tenggara Barat (Binda NTB) dalam melayani kebutuhan vaksinasi masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan vaksin masyarkat NTB khususnya di wilayah Kabupaten Dompu, Binda NTB melaksanakan vaksinasi di Puskesmas Dompu Kota Jalan. Lintas Sumbawa Bima Kel. Bali Satu Kec. Dompu Kab. Dompu menyasar masyarakat umum baik dosis 1, 2 dan 3 dengan bekerjasama dengan Puskesmas terkait (05/04/2022).

 

Kepala BIN Daerah NTB, Wara Winahya mengatakan, percepatan vaksinasi ini merupakan salah satu scenario utama pemerintah untuk mengiringi kebijakan pelonggaran yang baru saja diberikan. Tanpa adanya percepatan vaksinasi, maka bisa dijamin Pemerintah akan kesulitan menjaga tren penurunan kasus positif atau positivity rate Covid-19 di Tanah Air.

 

Kegiatan vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum, lansia dan anak-anak usia 6-11 tahun telah digelar oleh Binda NTB di 57 titik di 6 Kabupatan dan Kota. Secara umum, jumlah sasaran vaksinasi Binda NTB pada hari ini sebanyak 6.200 penerima vaksin.

 

Kabinda NTB menegaskan, vaksinasi pada saat puasa tidak membatalkan puasa. Sesuai dengan fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021, vaksinasi saat berpuasa tidak bersifat membatalkan puasa.

 

“Oleh karena itu vaksinasi akan terus dilakukan sepanjang bulan Ramadan,” lanjutnya.

 

Lebih lanjut, Wara mengatakan, yang juga perlu dilakukan untuk menghadapi pandemi ini selain akselerasi vaksinasi yakni dikombinasikan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dengan demikian, pertahanan masyarakat akan memadai dalam menghadapi serangan COVID-19.

 

Baca Juga  Binda NTB Intensifkan Vaksinasi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori