Bulan Puasa, BIN Daerah NTB Tetap Semangat Lakukan Vaksinasi

 

Sumbawa – Dalam rangka mempercepat pembentukan Herd Immunity, BIN Daerah NTB terus melakukan vaksinasi massal di setiap Kabupaten/Kota di wilayah NTB. Salah satu lokasi berlangsung kegiatan vaksinasi adalah Desa Juran Alas Kab. Sumbawa yang dilaksanakan secara door to door di beberapa desa di wilayah Kab. Sumbawa dengan masing-masing target sasaran 50 orang, pada (09/04/2022).

Dalam upaya mengantisipasi lonjakan mobilitas dan interaksi sosial di bulan Ramadan dan saat lebaran nanti, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah NTB terus menggencarkan vaksinasi massal secara serentak di 10 kabupaten dan kota. BIN ingin membantu masyarakat NTB bisa menjalankan puasa sampai lebaran dengan baik dan tidak terganggu dengan penularan Covid-19.

Kegiatan vaksinasi massal serentak di 10 kabupaten kota itu, selain dosis tiga atau booster, jajaran BIN Daerah NTB juga tetap melayani dosis kesatu dan dosis kedua bagi masyarakat umum dan anak-anak.

Kabinda NTB Wara Winahya mengatakan, vaksinasi booster diperlukan untuk meningkatkan pertahanan masyarakat menghadapi risiko terserang virus Covid-19. Menurutnya, jika mobilitas masyarakat masif, maka risiko penularan Covid-19 ikut meningkat.

Dengan adanya tarawih berjamaah, kemudian mudik ke kampung halaman dan bertemu keluarga saat lebaran, risiko terserang virus Covid-19 akan meningkat.

“Karena itu disarankan untuk masyarakat yang akan mudik maupun yang akan menerima kunjungan keluarga yang mudik, segera lakukan vaksinasi booster. Dosis booster sudah bisa dilakukan minimal tiga bulan setelah vaksinasi kedua atau vaksinasi lengkap,” tutur Wara.

Selama bulan ramadan, kegiatan vaksinasi tetap gencar dilakukan oleh jajaran BIN Daerah NTB merujuk pada fatwa MUI No. 13 tahun 2021 bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori