Fasilitasi Perekaman KTP, Dukcapil Mataram Keliling Gunakan Motor Roda Dua

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram akan menggunakan kendaraan roda dua untuk pelayanan KTP Elektronik. Pemanfaatan kendaraan roda dua ini, untuk mendekatkan pelayanan data kependudukan kepada warga.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, Amran M. Amin mengatakan kendaraan roda dua yang digunakan akan dimodifikasi. Sehingga bisa digunakan untuk menempatkan alat-alat yang akan digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Motor biasa roda dua itu kita modifikasi sedemikian rupa sehingga peralatan itu sama yang lain bisa masuk,” katanya.

Pelayanan KTP elektronik menggunakan kendaraan roda dua tersebut akan direalisasikan tahun 2022 ini dan mulai beroperasi efektif tahun 2023 mendatang. Dengan menggunakan kendaraan roda dua disebut bisa menjangkau masyarakat lebih luas.

“Yang sangat penting kami miliki dan ada masyarakat yang disabilitas ada yang gangguan jiwa lainnya. Itu bisa dilayani,” ujarnya.

Pelayanan KTP Elektronik yang akan dilayani menggunakan kendaraan roda dua tersebut yaitu perekaman. Tahun ini, jumlah kendaraan yang disiapkan yaitu sebanyak dua unit. Selain kendaraan, pemerintah juga sudah mulai menganggarkan untuk alat-alat yang dibutuhkan.

“Kita bisa masuk hingga ke pintu-pintu masyarakat untuk memberikan pelayanan,” katanya.

Menurut Amran, warga Kota Mataram yang belum memiliki KTP elektronik sangat kecil. Meski demikian pelayanan dengan sistem jemput bola akan dilakukan agar masyarakat yang belum memiliki bisa segera mendapatkan haknya untuk mendapatkan KTP.

“Tidak banyak warga yang belum memiliki itu. Kita jemput bola. Selain itu kita kerjasama caranya,” ucap Amran.

Masyarakat yang berpotensi belum memiliki KTP Elektronik yaitu lanjut usia atau jompo. Namun tidak menutup kemungkinan juga masyarakat umum.

“Tidak menutup kemungkinan masyarakat umum juga ada yang tidak memiliki KTP. Ini kita memberikan pelayanan yang cepat dan membahagiakan,” tutupnya

Baca Juga  5 Manfaat Vaksinasi Covid-19 yang Wajib Diketahui

Sumber : https://insidelombok.id/berita-utama/fasilitasi-perekaman-ktp-dukcapil-mataram-keliling-gunakan-motor-roda-dua/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori